Mengenal Oragono IRC: Ditulis Dalam Go

Beberapa hari lalu saya sempat menemukan model IRC baru bernama Oragono IRC. Oragono IRC adalah modern IRC server yang ditulis dalam bahassa Go. Menganut beberapa prinsip penting yang dibutuhkan oleh beberapa user IRC. Daemon IRC ini di fork dari Ergonomadic IRC.

Oragono IRC Pendahuluan

Untuk point penting dan fitur yang ada pada Oragono IRC bisa di cek di halaman official Oragono IRC server. Kalau kamu terlalu malas melihatnya, baiklah saya akan coba jabarkan dalam bahasa indonesia.

  • Menjadikan simpel dan mudah untuk digunakan
  • Menyatukan fungsi seperti ircd, service framework, dan bouncer (seperti znc), history storage, dan fungsi bouncer itu sendiri
  • Bisa menggunakan fungsi Bleeding-edge IRCv3
  • Bisa di config menggunakan yaml script

Install Go Lang

Sebelum menginstall Oragono IRC, terlebih dahulu harus memasang golang package. Untuk memasangnya, disarankan untuk menginstall langsung dari source file. Per tanggal artikel ini dibuat, latest download golang versi terakhir yaitu versi 16.4.

Berikut adalah cara untuk menginstall GO lang. Sangat mudah kok!

wget https://golang.org/dl/go1.16.4.linux-amd64.tar.gz
tar -zxvf go1.16.4.linux-amd64.tar.gz
cd /usr/local
sudo mv ~/go .
cd go/
sudo export PATH=$PATH:/usr/local/go/bin

Setelah instalasi GO lang sudah dilakukan, kini kita bisa cek versi go lang kita terlebih dahulu dari ssh server.

go version

Instalasi go lang kini sudah selesai.

Instalasi

Instalasi Oragono IRC server juga sangat mudah, namun pada bagian konfigurasi cukup panjang, tapi saya info garis besarnya saja. Pada dasarnya, sebelum bisa di execute, server harus di build terlebih dahulu menggunakan go lang.

wget https://github.com/oragono/oragono/archive/refs/heads/stable.zip
unzip stable.zip
cd oragono/
cd oragono-stable/
go run oragono.go
go build

Setelah proses build selesai, binary file akan muncul dan bisa di execute.

Baca juga : Mengenal Bircd: Server IRC Jadul yang Simpel

Pada dasarnya untuk pemasangan awal dari Oragono IRC bisa kamu cek langsung ke halaman website Oragono atau langsung ke halaman github yang bersangkutan untuk mengetahui bug tracker dan issue yang sedang di fix.

Baca juga : HorribleSubs: Pirate Anime Terbesar Tutup

Info terbaru, ketika kamu mencari di google, kemungkinan besar sejak patch kemarin, Oragono sudah berubah nama menjadi Ergochat. Pada tanggal 26 April kemarin terdapat hotfix patch yang berkaitan dengan security issue. Pastikan kamu sudah fix patch tersebut secepatnya ya.

Leave a Comment