cPanel: Pengumuman CentOS 8 End of Life

Seperti yang telah diberitakan oleh cPanel, Centos 8 End of Life akan berakhir pada Desember 2021 ini. Hal itu berarti development cPanel untuk CentOS 8 akan segera dihentikan. Hingga pengumuman CentOS 8 diturunkan, sebenarnya CentOS 8 tidak direkomendasikan untuk dipasang cPanel, karena adanya beberapa hal.

Tidak Ada OS Tersedia

Hal ini berarti tidak ada OS stable yang tersedia untuk platform cPanel pasca 31 Desember 2021. Karena CentOS 8 akan memasuki EOL atau End Of Life, berarti CentOS 8 sebaiknya tidak direkomendasikan sebagai production use project anda. Mengapa? Karena CentOS 8 akan digunakan sebagai beta test (upstream) dari RHEL.

Setelah masa CentOS 8 berakhir, nantinya CentOS 8 akan berubah nama menjadi CentOS stream. Menurut berita, cPanel tidak akan support CentOS stream. Karena memang versi CentOS stream tidak direkomendasikan sebagai production use.

Bye CentOS 8: Gunakan CentOS 7

Hingga ada berita lebih lanjut, untuk sementara dari Desember 2021 hingga 2024 disarankan menggunakan CentOS 7 untuk mengakomodir platform cPanel. Karena hingga saat ini, cPanel hanya bisa digunakan pada CentOS saja.

Baca juga : Apakah Bisa Install Plesk di Centos 8?

Berita Gembira untuk Ubuntu LTS

Baru-baru ini cPanel mengumumkan adanya dukungan untuk Ubuntu versi LTS (Long Term Support) agar bisa dipasangi cPanel. Dan saat ini tim cPanel sedang mempercepat integrasi cPanel pada Ubuntu LTS yang seharusnya jika menurut jadwal, mendekati akhir 2021 sudah siap digunakan.

Baca juga : VPS Speed Pelan Menggunakan speedtest-cli di Ubuntu 18.04

Bagi kamu yang belum siap untuk pindah ke Ubuntu LTS atau CentOS 8, masih bisa menggunakan cPanel (pada CentOS 7) hingga EOL nya berakhir, yakni tahun 2024. Masih cukup lama sekitar 2 tahunan.

Baca juga : Distro Ini Bisa Digunakan Sebagai Alternatif CentOS

Akhir kata, mengisi 2 tahun kekosongan sebelum mendekati CentOS 7 memasuki EOL, kemungkinan bakal ada banyak kandidat pengganti CentOS 7 yang bermunculan. Semoga pengumuman CentOS 8 ini berguna untuk kalian.

Leave a Comment