HorribleSubs: Pirate Anime Terbesar Tutup

Terdengar berita mengejutkan buat teman-teman yang suka sedot anime jepang atau pecinta anime jepang (ilegal) karena HorribleSubs dikatakan akan tutup. Hal ini di konfirmasi dari portal website Horriblesubs sendiri dengan judul postingan Farewall dan beberapa komentar chat discord.

Menurut portal HorribleSubs, alasan grup fansub pirate anime terbesar ini tutup dikarenakan adanya beban real-life seiring dengan dampak yang ditimbulkan oleh virus Covid19 ini.

Mereka menyebutkan seiring dengan pandemi Corona, banyak sekali waktu yang tersita dan hal tersebut sangat berdampak dalam kecepatan rilis anime yang mungkin sedang kamu nantikan.

Setelah beberapa evaluasi dan dan keputusan yang sangat berat, akhirnya grup fansub HS ini angkat kaki dari jagat internet.

HorribleSubs (HS) mulai berkarir di dunia internet kira-kira sudah 1 dekade lalu. Mereka mengklaim adalah grup fansub kecil yang melakukan translate dengan subtitle bahasa inggris dan pada mulanya, rilisan HS hanya tersedia di resolusi 480p dan 720p saja.

Seiring berjalannya waktu, mereka merilis anime dengan resolusi 1080p dan mulai menambah banyak jadwal tayang anime dengan subtitle bahas inggris.

Kontroversi yang muncul di internet, HS dianggap adalah sebuah grup dengan sekelompok orang yang melakukan ripping subtitle di website streaming anime dan mendistribusikan secara illegal. Namun hingga saat ini, HS telah menjadi kiblat dalam sumber video dan subtitle english untuk anime jepang.

Leave a Comment