September 29, 2022

Kejadian ini terjadi beberapa hari lalu, kira-kira hari jumat minggu ini (di bulan Februari 2021) satu dedicated server saya yang berada di Paris, Eropa mati total gan. Penyebabnya dipastikan karena hardware issue dan memang server yang saya sewa cukup jadul. Begini ceritanya…

Setelah Renewal

Jumat kemarin, padahal baru saja melakukan pembayaran renewal untuk server dengan intel avoton disk 1TB 4GB ram, 2 core 2 thread. Tiba-tiba saja server langsung timeout tiba-tiba dan seluruh akses dan IP langsung modar alias mati. Seketika panik dan bingung.

Untuk Storage

Server ini memang niatnya sengaja untuk storage server, oleh karena itu saya memang berniat menggunakan cpu cupu yang penting bisa untuk transaksi download upload hingga 300 Mbps sih.

Baca juga : Install Transmission Torrent di Linux Server

Refund Duit

Ketika saya cek dengan staff yang bersangkutan, ia mengatakan bahwa server milik saya benar-benar tidak dapat di retrieve datanya, karena saat ini disk server tersebut utilisasinya sudah mencapai 800 GB lebih dan tidak mungkin melakukan rsync dalam 24 jam untuk mentransfer 800 GB lebih data.

Dengan berat hati mereka menawarkan pengembalian dana ke akun paypal saya karena memang tidak ada yang bisa dilakukan. Toh juga stok server yang seperti saya sudah habis dan mungkin kalau pun ada bisa menunggu 3-5 hari lagi.

Loss Data Hampir 1 TB

Dengan berat hati saya harus merelakan data repository saya yang nilainya tidak terbayarkan 🙁 Anda tahu kenapa? Karena datanya mencapai 1 TB. Butuh 1 tahun lebih untuk menggabungkan file yang bertebaran di lautan internet yang luas dan speed server lain yang lemot.

No Backup

Jadi itulah kerugian menggunakan dedicated server tanpa backup dan tanpa proteksi RAID. Kapan saja kamu bisa langsung kehilangan data. Tapi dalam kasus ini datanya gak corrupted, tapi hardwarenya faiing to boot up.

Baca juga : Hati-hati Ransomware Varian Baru, LockBit

Server ini juga sebagai backup, toh gak mungkin kan server backup menggunakan backup lagi…

1 thought on “Pengalaman Dedicated Server Mati Total

Leave a Reply

Your email address will not be published.