Mengenal Bircd: Server IRC Jadul yang Simpel

Mungkin beberapa dari kalian kurang mengenal istilah IRC. Apalagi generasi Z sekarang, sudah pasti tidak bakal mengenal istilah yang namanya IRCd. Minimal anak generasi millenial, itu pun juga tidak semuanya. Sekarang saya akan ajak kalian mengenal Beware IRCd atau bircd, server IRC jadul yang simpel dan sangat mudah.

Pengertian IRC

Istilah IRC sendiri adalah kepanjangan dari Internet Relay Chat. Adalah sebuah istilah populer yang dulu pernah digunakan oleh para pengguna internet untuk berkomunikasi melalui aplikasi tambahan yang mendukung protokol irc. Pada waktu dulu, berkomunikasi melalui chat hanya mengandalkan fitur text saja. Masih belum ada yang namanya emote dan sticker saat sekarang ini.

Berjalan di Linux dan Windows

Beware IRCd mungkin salah satu server IRC yang bisa dijalankan menggunakan sistem operasi Linux dan Windows. Pada umumnya server IRC atau IRC daemon hanya bisa dijalankan pada sistem operasi Linux saja. Untuk performanya, tergantung dari RAM dan koneksi yang ada pada server tersebut.

Server IRC menggunakan memory RAM yang cukup kecil dan disk storage yang sangat sangat kecil. Paling besar hanya untuk menyimpan logs server yang bergantung pada banyaknya users terhubung dan menggunakan fitur pada server tersebut.

Website Resmi Beware IRCd

Website resmi beware ircd bisa kamu akses lewat official beware ircd ya. Selain mengembangkan beware ircd, si pengembang beware ircd juga mengembangkan game emulator.

Baca juga : Alternatif Download Anime HorribleSubs via XDCC

Install Beware IRCd di Centos 7

Untuk memasang beware IRCd di centos 7 sebenarnya tidak ada trik khusus atau installer khusus. Kamu hanya perlu download zip dari website pengembang, kemudian unzip file tersebut. Untuk menjalankan server beware ircd, tinggal execute saja langsung tanpa tambahan command apapun. Di sini saya akan mencoba memasang beware ircd tanpa menggunakan services apapun.

Saya akan mendownload version 1.6.3 linux, size 363 kB

Download filenya terlebih dahulu

wget https://ircd.bircd.org/bewareircd-linux.tar.gz

Kemudian kita unzip

tar -zxvf bewareircd-linux.tar.gz

Lalu pindah ke direktory eksekusi

cd bircd

Edit file configurasi dan sesuaikan dengan kebutuhan

vi ircd.conf

Baris yang perlu diubah diantaranya :

M:<ALAMAT IRC>::<Deskripsi IRC Server>::1

Kemudian save. Untuk tambahan komponen yang harus di edit untuk konfigurasi dalam server, yaitu:

vi bircd.ini

Jika sudah save. Lalu kita coba running.

./bircd

Done. By default irc akan listening pada port 6667.

Client IRC

Untuk bisa masuk ke server irc tersebut, kita harus memiliki yang namanya client irc. Software client irc sangat banyak, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Untuk yang gratisan kamu bisa pakai AdiIRC. Sedangkan yang berbayar ada banyak sekali. Tinggal di cari saja. Namun, pada umumnya jika Windows itu berbayar softwarenya.

Untuk penjelasan detailnya lebih lanjut secara teknis, kita akan bahas pada artikel selanjutnya. Jika kamu ingin join bisa langsung ke : futaba.hostgue.cloud port 6667

Leave a Comment