cPanel: Scan Menggunakan Clamd Ampuh Gak Sih?

Clamd adalah fitur default yang ada pada cPanel, yang berguna untuk scan adanya malware pada server, paling tidak di home direktori cPanel user. Tapi pertanyaannya, apakah scan menggunakan Clamd sudah cukup ampuh untuk membasmi dan mendeteksi malware?

Malware

Pada umumnya dalam istilah Linux tidak ada yang namanya virus. Yang ada hanyalah malware. Istilah malware adalah kepanjangan dari malicious software. Dimana software tersebut bertugas untuk mengganggu suatu aplikasi atau website kita. Kemudian rangkaian malware yang bermacam-macama tersebut membentuk istilah baru yang namanya virus. Karena sifatnya virus yang mengganggu atau interupsi.

Baca juga : Ransomware varian baru, Lockbit

Keampuhan

Dari pengalaman penulis, mempunyai suatu scanner malware adalah suatu kebutuhan untuk langkah mencegah dan meminimalisir. Namun sayang karena sifatnya opensource dan perkembangannya saya lihat sangat lamban, kita tidak bisa bergantung 100% dengan Clamd. Karena tiap harinya perkembangan malware selalu berevelousi.

Untuk model malware script yang sifatnya umum, bisa langsung terbasmi oleh Clamd, tapi saya tidak rekomendasikan Clamd digunakan di cPanel. Karena saya rasa tidak bisa diandalkan.

Rekomendasi

Yang namanya gratis mau gimana lagi yah. Kalau project Clamd terus jalan syukur, kalau engga ya gpp juga. Saya lebih rekomendasikan kalau teman-teman memasang ImunifyAV free pada server cPanelnya masing-masing.

Baca juga : Cara Mudah Install ImunifyAV di cPanel

Karena engine ImunifyAV sudah cukup bagus untuk scan dan mengecek adanya malware script dalam server kamu.

ImunifyAV yang saya tawarkan sifatnya gratis dan bisa langsung dipasang. Ada juga yang berbayar dan multifungsi sebagai firewall. Tergantung kebutuhan dan budget dari teman-teman.

Leave a Comment