Apakah Bisa Install Plesk di Centos 8?

Pro dan kontra tentang Centos 8 atau Centos Stream sekarang masih bergulir ke babak selanjutnya. Bagi yang belum tahu, bisa cari di youtube penjelasan lengkapnya. Bagi kamu yang mau install Plesk di Centos 8, mungkin masih bertanya-tanya. Sebenarnya bisa engga sih?

Ada beberapa point yang harus kalian tahu terlebih dahulu sebelum memasang Plesk di Centos 8 atau Centos Stream. Artikel ini di posting per tanggal 26 Januari 2021 dan mengikuti referensi dari Plesk [1].

Jika kamu melihat artikel ini pada bulan berikutnya, tolong verifikasi lagi di website Plesk apakah ada perkembangan lebih jauh.

Plesk Support Centos 8

Dikutip dari halaman Plesk support, nantinya Plesk bisa digunakan pada sistem operasi Centos 8. Namun hanya bisa di versi Plesk Obsidian 18.0.25.

Sayangnya tidak ada versi upgrade live dari Centos 7 ke Centos 8 untuk Plesk. Oleh karena itu harus di install secara standalone dari fresh installation Centos 8. Saat ini developer Plesk sedang mencari tahu apakah bisa menggunakan fitur upgrade di Centos 8.

Khusus untuk Centos 8, nanti untuk website statistic hanya tersedia AWstats saja. Karena Webalizer tidak tersedia pada repo saat instalasi maupun saat addon repo.

Sayangnya untuk masalah versi PHP kamu tidak bisa berkompromi banyak. Karena pada Centos 8 versi PHP di bawah 7.0 tidak tersedia pada saat instalasi karena library dari Centos 8 tidak support.

Baca juga : VirtualBox: Install VestaCP CentOS 7 Minimal

Plesk Belum Support Centos Stream

Menurut salah satu staff support Plesk, hingga saat ini Plesk belum kompatibel 100% dengan Centos Stream. Jadi untuk sementara ini jangan install Plesk production di Centos Stream terlebih dahulu.

Deprecated Komponen

Ada beberapa kompenen yang nantinya akan dibuang atau tidak digunakan pada instalasi seperti diantaranya : mod_bw, mod_perl, dan mod_python.

ModSec

Pada Plesk yang dipasang di Centos 8 hanya tersedia modsec rule seperti : OWASP, dan Comodo saja.

Third Party Extension

Beberapa extension Plesk yang di pasang di Centos 8 kemungkinan besar akan mengalami masalah atau kegagalan fungsi. Jika kamu mengalaminya, silakan laporkan ke developer extension third-party tersebut, bukan ke Plesk.

1 thought on “Apakah Bisa Install Plesk di Centos 8?”

Leave a Comment