Cara Generate CSR dan Key SSL dari Plesk

Jika sebelumnya saya sudah memposting bagaimana mendapatkan SSL gratis dari ZeroSSL dengan mudah dan cepat, sekarang saatnya saya kasih tahu caranya sedikit bagaimana caranya melakukan generate CSR dan Key SSL dari Plesk control panel.

Plesk

Bagi yang belum tahu, Plesk adalah salah satu control panel yang cukup terkenal. Walaupun namanya tidak se-terkenal dibandingkan dengan cPanel, namun faktanya Plesk adalah raja control panel yang saat ini sudah menguasai hampir yah kira-kira 80% lebih pasar webhosting.

Mengapa saya bilang demikian? Karena 2 tahun yang lalu, kira-kira tahun 2018, perusahaan grup company Plesk sudah mengakuisisi cPanel beserta dengan perangkatnya. Dengan demikian, secara resmi Plesk sudah menguasai cPanel beserta dengan pelanggannya juga.

Mayoritas masyarakat Indonesia lebih mengenal cPanel dibandingkan dengan Plesk. Wajar saja, karena cPanel yang terkenal jauh lebih murah, lebih familiar dan lebih sering di deploy pada shared hosting yang berlokasi di Indonesia atau pasar penyedia hosting Indonesia.

Baca juga : Apakah Bisa Install Plesk di Centos 8?

CSR dan Key

Bagi yang belum tahu, CSR dan Key adalah 2 komponen penting dalam membuat SSL, lebih tepatnya sebelum menerbitkan SSL, kita wajib mempunyai 2 komponen ini. Dimana CSR berisi data dari informasi legal website kita, dan Key berisi data enkripsi atau identitas dari informasi website kita.

Ketika ingin menerbitkan SSL untuk website, kita hanya perlu mengajukan data CSR ke penyedia penerbit SSL untuk dilakukan provisioning dan diberikan data validasi SSL. Sedangkan file yang satu lagi (Key) harus kita simpan dan tidak boleh sampai pihak ketiga atau pihak penyedia SSL mengetahui file Key kita. Intinya harus dijaga dan tidak boleh di share kepada siapapun.

Baca juga : Caranya Ubah Port Login VestaCP Dengan Mudah

Generate CSR dan Key

Login ke Plesk terlebih dahulu, kemudian pada bagian kiri pilih Tools & Settings. Lalu pada bagian Security klik menu SSL/TLS Certificates.

Untuk membuat CSR dan Key, pertama harus klik Add terlebih dahulu.

Tentukan nama file sertifikatnya dulu… terserah, di bagian Certificate name. Kemudian isi beberapa kolom yang telah disediakan sesuai dengan kebutuhan kamu. Sebagai contoh, saya berikan gambarnya biar lebih cepat.

Pastikan selalu cek 2x dan pastikan semua kolom yang telah diisi sudah benar dan tidak kelebihan titik atau spasi. Jika sudah, klik Request.

Jika sudah, nantinya kamu akan di bawa kembali ke halaman utama bagian SSL/TLS Certificates. Kemudian kamu klik nama sertifikat yang sudah dinamai barusan. Kamu akan melihat data yang sudah diisi tadi. Scroll ke bawah lalu cari tulisan CSR dan Private Key.

Pengajuan SSL

Selamat, CSR dan Private key sudah berhasil kita dapatkan. Seperti yang saya katakan tadi, jika kamu ingin mengajukan SSL ke penyedia SSL, kamu hanya perlu mengajukan file CSR saja (kamu bisa copy-paste text CSRnya). Kemudian pastikan file Key atau private key tidak ditunjukan ke siapapun.

Leave a Comment