June 18, 2024

Sebelumnya kita sudah belajar tentang bagaimana cara install VestaCP di Centos 7, kemudian kita akan mempelajari bagaimana cara merubah port login VestaCP. Pada dasarnya login port yang digunakan di VestaCP adalah 8083 untuk SSL. Ada baiknya kita rubah karena alasan keamanan dan menghindari brute force attack langsung.

Panduan ini sebenarnya sudah banyak berkeliaran di internet, namun untuk sekedar mearamaikan saja ya. Mungkin sebagian dari kalian ada yang masih bingung dengan bahasa inggris, jadi kita pakai bahasa indonesia semi inggris.

Ubah Firewall

Penting untuk menentukan di awal sini port berapa yang ingin diubah. Misalnya kita tentukan port 7179 ya. Kalau begitu, kamu langsung ubah di pengaturan VestaCP firewall.

  • Login VestaCP sebagai admin
  • Buka pengaturan firewall yang berada di menu atas
  • Klik add rule (warna hijau)
  • Action Accept, protocol TCP, port 7179
  • IP address isikan 0.0.0.0/0
  • Lalu Add

Edit Konfigurasi Nginx

Pertama, kita edit terlebih dahulu konfigurasi pada nginx dan kemudian gantikan port 8083 menjadi port yang kita inginkan. Kamu bisa menggunakan text editor vi, nano, pico apapun itu yang mudah buat kamu.

vi /usr/local/vesta/nginx/conf/nginx.conf

Cari angka 8083 dan ganti ke port lain sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya sesuai dengan contoh di atas, berarti isikan 7179.

Restart Service

Setelah itu jangan lupa untuk restart service.

service vesta restart

Kini server VestaCP kamu bisa digunakan di port yang baru, yakni 7179 dengan menggunakan protokol https di browser.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *