VPS Speed Pelan Menggunakan speedtest-cli di Ubuntu 18.04

Berita gembira buat kalian yang merasa kecepatan vps sangat lemot saat menggunakan speedtest-cli repo pada Ubuntu 18.04. Enggak cuma kamu saja yang merasakan lemot, karena beberapa user juga mengalami hal yang sama. Dikonfirmasi ini adalah bugs dari bawaan aplikasinya.

Speed Internet Ngaco

Satu hal penting yang harus dicatat adalah kesalahan dari analisa salah satu upload atau download pada kecepatan server kamu. Platform yang berpengaruh adalah KVM vps saja.

Baca juga : Mending Pake Webhosting atau VPS?

Cek sumber untuk lebih detailnya.

Alternatifnya kamu bisa menggunakan tools alternatif lain selain speedtest-cli yang ada dari bawaan repo Ubuntu 18.04. Atau coba test dengan cara rsync, wget, atau via SSH ke server lain sebagai pembanding.

Baca juga : Bagaimana Cara Menggunakan SSH untuk Remote Server?

Gunakan VPS OS Lain

Kalau saya boleh kasih saran, sebaiknya gunakan versi lain yang sudah LTS saja. Karena biasanya terbukti lebih stable dari versi sebelumnya.

Jika memang sudah terpasang, kamu bisa ganti sendiri melalui control panel, atau meminta staff support untuk menggantikan OS lain untukmu. Sebagai contoh menggunakan Ubuntu 20 LTS.

Realitas Speed VPS

Pada kenyataannya, kecepatan sebuah server tidak dapat diukur 100% dari tools speedtest-cli. Karena tools tersebut hanya bertujuan untuk mengukur kecepatan server dari beberapa destinasi yang telah ditentukan oleh provider. Tapi bukan berarti penentu.

Semoga tips ini bisa berguna dan bisa di share ke tempat / website lain. Terima kasih!

Leave a Comment