Mending Pake Webhosting atau VPS?

Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para netijen yang punya kepentingan di lini platform website pribadi, blog, ecommerce dan website komunitas. Pertanyaan klasik yang sering dijawab, tapi tetap populer di mesin pencari google.

Kebutuhan

Mau pakai webhosting atau VPS jika dilihat dari sisi kebutuhan sangat diperlukan. Dua tipe ini perbedaan harganya cukup tinggi, dimana webhosting mempunyai harga yang cenderung lebih rendah dibandingkan VPS.

Webhosting diperuntukkan untuk segmentasi low effort dimana biasanya ditujukan untuk website statik, semi-dynamic website, blog, dan website jual beli trafik rendah. Untuk webhosting tidak perlu takut dan repot untuk manage atau install website, karena biasanya si penyedia hosting menyediakan yang namanya Softaculous (software installer).

Sedangkan VPS diperuntukkan untuk segmentasi medium-hard effort dimana untuk task yang lebih tinggi dari yang saya sebutkan tadi. Biasanya penggunaan VPS menyasar pangsa UMKM. Sayangnya untuk label VPS anda membutuhkan effort lebih untuk manage dari sisi system administrasi dan lainnya.

Harga

Untuk kalian yang punya bajet rendah (kurang dari 100 ribu per bulan) saya rekomendasikan menggunakan webhosting saja. Karena harga yang ditawarkan untuk segmentasi webhosting pasti cenderung lebih murah. Namun perlu diingat, tidak bisa menggunakan fasilitas yang sifatnya task berat atau memakan CPU proses yang dominan tinggi.

Bagi kalian yang punya bajet di atas 100 ribu rupiah per bulan, tentu saya rekomendasikan menggunakan VPS. Karena jelas resource dan CPU yang anda peroleh nantinya bisa dialokasikan 100% untuk anda. Tapi ingat, segala softaware yang sifatnya legal dan commercial tentu dibebankan ke anda jika ingin simple dan singkat. Intinya harus punya bajet banyak.

Rekomendasi

Bicara tentang rekomendasi saya tidak bisa ngomong panjang lebar. Karena rekomendasi tiap orang belum tentu sama dengan keadaan orang lain. Karena yang namanya rekomendasi itu berhubungan erat dengan masalah keuangan. Dimana yang kita tahu, tiap keuangan orang berbeda-beda.

Oleh karena itu, jika ditanya mending pakai webhosting atau VPS tentu dikembalikan lagi ke individu masing-masing. Apakah bujet per bulan yang bisa dialokasikan di atas 100 ribu rupiah atau di bawah 100 ribu rupiah.

Balik lagi, patokan 100 ribu rupiah adalah default yang saya tentukan sendiri. Padahal, saat ini rata-rata biaya webhosting di Indonesia per bulan paling murah antara 10 ribu ~ 30 ribu per bulannya. Tapi ingat, harga segitu adalah kapasitas minim yang akan anda dapatkan. Makanya, 100 ribu adalah patokan untuk mendapatkan fasilitas ideal.

1 thought on “Mending Pake Webhosting atau VPS?”

Leave a Comment