June 18, 2024

Yang namanya VPS atau Virtual Private Server sepertinya sudah tidak terlalu asing lagi di telinga kita ya, karena sudah banyak penyedia yang menjual server VPS dalam skala yang bermacam-macam. Dari yang murah hingga termahal. Nah, sekarang sudah agak beda zaman lagi. Munculnya RaspberryPi yang mungkin bisa menggantikan VPS.

Kebuthan akan server sudah diakui semakin meningkat. Tentunya teknologi virtualisasi sangat membantu sekali dalam urusan scaling dan realible yang banyak dicari oleh pelaku usaha digital, maupun pelaku project skala kecil-menengah.

Nah sekarang ada lagi nih yang menjual bare metal server yaitu RaspberryPi server yang nan mungil, tapi sebenarnya cukup powerful lho.

Bagaimana tidak, RaspberryPi server yang ditawarkan oleh penyedia Data Ideas ini tidak main-main, harga yang ditawarkan terbilang cukup murah dan beberapa fasilitas yang dimiliki cukup lumayan.

Seluruh server yang ditwarkan sudah menggunakan varian terbaru, yakni RaspberryPi 4 yang sudah menggunakan 4 GB ram rata-rata. Bahkan ada juga yang menggunakan 8 GB ram pada server yang ditawarkan.

Sistem operasi yang ditawarkan yaitu Raspbian OS. Sistem operasi ini sebenarnya mirip sekali dengan Debian atau Ubuntu lho. Jadi saya yakin menggunakan sistem operasi Raspbian OS (sekarang menjadi Raspberry Pi OS) pasti sudah cukup familiar.

Perlu di garis bawahi, bahwa Data Ideas adalah penyedia server luar negeri ya, bukan di Indonesia. Uniknya, Data Ideas sudah mempunyai AS number sendiri, jadi bisa dikatakan mereka adalah salah satu provider terpercaya.

Harga yang ditawarkan semuanya dalam bentuk mata uang dolar, harga mulai dari $5. Jika kamu berminat bisa langsung cek sewa raspberry server.

Baca juga : Sudah coba test server linux di localhost? Lalu bagaimana pendapatmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *