June 18, 2024

Kadang beberapa orang masih bertanya, software apa yang bagus digunakan untuk test server linux di laptop atau PC kita? Well, kalau di tanya ya sudah pasti menggunakan software yang gratisan aja. Karena kan sifatnya buat testing saja. Sebagian orang kadang berpikir harus menyewa sebuah VPS untuk mendemonstrasikan projectnya di server linux.

Buat para mahasiswa atau kalian yang masih berpikir untuk menggunakan VPS (berbayar) hanya untuk test demo software ataupun apapun itu sifatnya test, sebaiknya hentikan sekarang.

Karena ada software yang bisa di pasang di PC atau laptop kamu dan dapat digunakan untuk demo software. Yang pasti bisa dipakai secara gratisan nih.

VirtualBox

Software yang paling populer adalah VirtualBox. Software ini bisa menyediakan virtualisasi secara sempurna dengan teknologi KVM. VirtualBox tersedia di hampir semua platform sistem operasi, seperti di Windows, Linux, Mac, dan Solaris.

Guest OS bisa di install hampir semua varian Linux dan windows dengan menggunakan teknologi KVM.

VirtualBox di develop oleh Oracle dan bisa di download secara gratis oleh kamu. Download VirtualBox di sini.

Virtual PC

Salah satu software yang cukup jadul dan datang dari wndows adalah Virtual PC. Software virtualisasi ini hanya bisa dijalankan menggunakan Windows 7 saja, makanya saya bilang jadul.

Sayangnya tidak semua Guest OS bisa dipasang oleh Virtual PC. Dikutip dari Microsoft Virtual PC, hanya terbatas untuk Windows XP Service Pack 3 (SP3) Professional, Windows Vista Enterprise Service Pack 1 (SP1), Windows Vista Ultimate Service Pack 1 (SP1), Windows Vista Business Service Pack 1 (SP1), Windows 7 Professional, Windows 7 Ultimate, Windows 7 Enterprise.

Hyper-V

Software besutan Windows terkenal dengan komersil dan berbayar cukup mahal. Namun kali ini Hyper-V bisa dipasang di Windows 10 pada PC atau laptop kamu. Sebelumnya Hyper-V hanya bisa di pasang di server Windows saja seperti Windows Server 2008, Window Server 2012, dan Windows Server 2016.

Jika berminat, pastikan ram harus mencukupi (minimal 4GB) dan saya lebih rekomendasi jika dipasang dengan 8 GB ram.

Selamat mencoba yang ingin pasang figur Hyper-V di Windows 10 ya.

Sedikitnya sudah ada tiga software yang bisa kamu coba secara gratis ya. Perlu diingat, jika ingin menggunakan software virtualisasi dan membangun beberapa server linux atau windows, pastikan RAM pc atau laptop kamu besar.

Saya rekomendasikan 8 GB ram untuk spesifikasi sistem operasi host untuk project kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *