June 18, 2024

Maraknya dunia politik dan perkembangan ekonomi baik itu dalam negeri maupun luar negeri ternyata memaksa saya dan mungkin kalian untuk membaca berita, ya paling tidak 2-3 hari sekali. Mengapa? Karena banyak topik yang bisa di goreng saat pandemi Covid seperti ini. Saking banyaknya jadinya baca berita menjadi ribet banget!

Tapi sayang, pada postingan kali ini saya tidak mau membahas tentang topik mana saja yang jadi sasaran para media untuk menggoreng isu hot yang ada pada nasional. Melainkan, saya akan bahas baca berita yang sekarang menurut saya ribet.

Baca Berita Apa?

Oke saya kasih disclaimer dulu. Baca berita yang saya maksud adalah berita elektronik yang ada pada website ataupun pada aplikasi yang ada di android. Ingat ya, ini sebatas berita elektronik saja.

Kok Ribet?

Ya mengapa dikatakan ribet, karena iklan yang bertebaran cukup parah untuk beberapa portal berita tertentu. Dan saya rasa penempatan artikel berita dan iklannya kadang-kadang sangat gak pas banget dan membuat kesal para pembaca.

Ups, di sini saya enggak bakal bilang dia brand apa atau darimana portal beritanya, namun benar-benar sangat membuat kesal.

Pertama, artikel berita yang di sediakan mungkin totalnya hanya 10 kalimat total. Namun, agar terlihat panjang, si pembuat artikel akan menambahkan paragraf kosong 1 baris per kalimat berita agar terkesan panjang.

Kedua, penempatan iklannya sangat enggak manusiawi untuk beberapa portal. Bayangkan saja, berita kok antara paragraf satu dan lain disertai iklan gambar yang hampir related dengan iklan. Kalau lagi konsen baca, keseringan bingung sendiri… ini berita apa iklan kok ngejebak banget baca dan kliknya.

Ketiga, iklan yang ditawarkan kepada para pembaca maupun pengunjung kadang tidak manusiawi. Paling tidak 2 iklan yang berbeda mungkin tidak apa. Tapi ketika melihat lebih dari 4 iklan yang berbeda, ada di bawah, atas, kanan kiri, lalu background juga… waduh ini keterlaluan banget.

Pertanyaan dari saya cukup mudah. Apakah teman-teman juga merasakan hal yang sama ketika membaca berita sekarang ribet?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *