September 29, 2022

Jika sebelumnya game yang saat ini lagi booming, yaitu Genshin Impact akan tersedia di Nintendo Switch pada waktu yang belum ditentukan, sekarang kita membahas tentang bagaimana rasanya main game Genshin Impact di grafik Intel UHD yang notabene rata-rata ultrabook sekarang. Yuk kita bahas.

Main game Genshin Impact mungkin saat ini adalah salah satu impian dari sebagian besar gamers karena grafisnya yang sangat bagus, story yang sangat banyak, gratis juga, dan tersedia di beberapa platform device.

Jadi ceritanya ini adalah review jujur dari saya yang kepengen banget main game Genshin Impact namun ternyata tetap tidak bisa. Masalah yang saat ini muncul adalah ketika bermain game tidak lama setelah itu kamu akan mengalami freeze, namun audio tetap berjalan seperti layaknya tidak freeze. Jika di cek pada forum, banyak pengguna Intel UHD yang mengalami hal yang sama.

Spesifikasi

Berikut adalah spesifikasi yang ada berdasarkan CPU-Z.

CPU-Z

Detail :

  • CPU : Intel i5 8250U @ 1.6 GHz
  • RAM : DDR4 8GB RAM Dual channel
  • Grafik : Intel UHD Graphic 620 rev7
  • Disk : 256 GB Micron SATA SSD

Kendala

Jika di set default setting saat pertama kali main game, maka dalam hitungan 3-10 detik, monitor akan terasa lag dan grafis akan diam tidak berkutik, namun audio atau suara karakter dan sekitarnya masih seakan hidup (tidak freeze).

Beberapa hotfix yang ditawarkan oleh pengguna lainnya di forum mihoyo adalah dengan men-set semua setting dengan parameter Very Low sehingga benar-benar semua efek di tanggalkan.

Kemudian render image yang tadinya 1.1 kemudian diturunkan menjadi 0.8 saja. Karena menurut beberapa user hal ini yang menjadi masalah utama terjadinya freeze pada Intel UHD Graphic. Namun demikian sudah dicoba tapi tetap saja freeze. Ya paling tidak bisa bertahan hingga 5 menitan lebih.

Saran lainnya yaitu sebelum launcher aplikasi di start, tekan tombol shift kiri sembari klik start. Tahan terus hingga ada dialog window baru. Kemudian set ke resolusi grafis 1280 x 720 dengan settingan Fastest. By default grafis ke set di resolusi 1920 x 1080 (default grafik monitor).

Kesimpulan

Dari semua saran yang di jalankan, namun tidak ada satupun yang berhasil hingga saat ini. Saya cek dalam forum mihoyo juga belum ada perkembangan yang signifikan terkait player yang menggunakan driver grafis Intel UHD.

Paling tidak yang tadinya hanya bisa bermain di PC 5-10 detik, kini bertambah bisa bermain hingga 5-10 menit. Tergantung kemujuran tiap scene di pertualanganmu. Haha.

Anyway, sehubungan saya punya console Nintendo Switch, jadi harus bersabar karena belum ada berita pasti terkait tanggal peluncuran game ini bisa stable dimainkan pada console Nintendo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.