Sendinblue: Gratis Kirim Email 300 Email

Beberapa tahun terakhir serangan spam email di kalangan server sudah semakin parah dah menggila. Hal ini karena banyaknya administrator dan system administrator yang mengabaikan keamanan fundamental pada mail server, dan masih banyak yang asal setting up mail server. Berdampak banyak email IP reputasi yang terblacklist. Sudah coba sendinblue belum?

Terblokir

Jika sudah demikian, maka tidak asing kalau mail server IP kita bakal di blokir oleh beberapa penyedia email yang menggunakan firewall khusus seperti RBLDNS. Alhasil ketika IP kita sudah di tandai sebagai blacklist, ketika ingin mengirimkan email ke email tertentu bakal menghasilkan bounce back atau adanya pesan error yang menjelaskan emailnya gagal terkirim.

Kalau sudah begini bagaimana?

Baca juga : Menambah Website ke Google Search Console

SMTP External

Salah satunya adalah menggunakan fasilitas pihak ketiga (third party), yakni menggunakan smtp external. Artinya apa, berarti untuk mengirimkan tiap email dari server kita ke luar, maka server kita akan menggunakan smtp external tersebut sebagai relay untuk mengirim email ke luar.

Dengan kata lain, jika email server kita mempunyai alamat IP 1.2.3.4 dan external smtp mempunyai alamat IP 5.6.7.8 maka ketika kita mengirimkan email, IP yang akan dibaca oleh penerima email adalah 5.6.7.8 dimana punya reputasi yang lebih bagus daripada email server kita.

Sendinblue Gratis Kirim 300 Email

Untuk kalian yang mencari smtp external yang sifatnya untuk mengirimkan email transaksional, maka bisa menggunakan sendinblue dimana kamu bisa mendapatkan kirim email maksimal 300 email per hari. Dan per jam nya adalah 100 email. Cukup menjanjikan, bukan? Dan sudah pasti dijamin email yang kamu kirimkan lewat sendinblue 100% bakal lari ke inbox email penerima.

Set Up DNS

Namun tidak mudah begitu saja ketika kita mendaftarkan ke sendinblue langsung bisa ya. Sebelum menggunakan smtp external tersebut untuk mengirimkan email dari domain kalian, harus di setup dulu komponen DNS seperti : spf, dkim, dmac, dsb. Bagaimana caranya? Saya asumsikan kamu sudah mendaftar di senindblue menggunakan plan FREE ya.

Baca juga : Membuat DNS server dari VestaCP

Pada panel sebelah kiri klik Senders & IPs. Lalu di sebelah kanan-nya klik Domains lalu klik Add a new domain. Ketik nama domain yang diinginkan dan pastikan kamu punya control DNS 100% terhadap domain tersebut. Kemudian kamu diminta melakukan authentication dengan menambahkan beberapa DNS record seperti spf, dkim, dmarc dan sebagainya. Tinggal selesaikan semuanya, dan selesai. Kamu bisa menggunakan layanan external smtp tersebut atas domain kamu.

Leave a Comment