Control Panel Web Hosting Paling Ringan

Buat sebagian teman-teman yang ingin tahu web hosting control panel yang paling ringan, bisa membaca artikel berikut ini. Artikel yang saya tulis kali ini, adalah berdasarkan pengalaman bekerja saya selama hampir 1 dekade di dunia web hosting sebagai system administrator. Mari kita tengok control panel web hosting paling ringan adalah…

Vesta Control Panel

Buat yang tadinya sudah menebak menjawab Vesta, berarti jawaban kamu benar deh. Control panel yang paling ringan berdasarkan fakta dan test percobaan saya sendiri, adalah Vesta. Hal ini karena memang Vesta dibuat berdasarkan daya guna dan manfaat untuk low-end server.

Baca juga : Caranya Ubah Port Login VestaCP Dengan Mudah

Minimalis

Untuk memasang Vesta control panel, minimal ram yang dibutuhkan adalah 512 MB, 20 GB storage dan 1 cpu core. Jika ditanya apakah dengan 512 MB ram dan 1 cpu core ini bisa menjalankan website berupa WordPress, jawaban saya adalah bisa banget. Namun ada beberapa hal yang perlu di perhatikan agar website dengna low-spec ini bisa berjalan sempurna.

Jika website kamu 100% berfokus pada WordPress saja, maka disarankan menginstall Vesta tanpa menggunakan mail server. Settingan di bawah ini sangat saya rekomendasikan untuk server kamu yang hanya dengan 512 MB saja.

Halaman advanced install bisa kamu akses dan disesuaikan dengan lampiran di bawah ini untuk low-end spec 512 MB.

Support OS

Bisa dibilang Vesta saat ini mendukung banyak sistem operasi, diantaranya :

  • RHEL Centos 5 / 6 / 7
  • Debian 7 / 8 / 9
  • Ubuntu 12.04 ~ 18.10

Belum Support Centos 8

Buat kamu yang masih bertanya-tanya hingga detik ini, Vesta masih belum support Centos 8 stream yang baru. Jadi disarankan menggunakan centos 7.9 ya. Apakah ada estimasi kapan developer akan mengeluarkan untuk versi Centos 8 yang baru, belum ada yang tahu.

Sebagai informasi saja, per hari ini saya tulis artikel ini, Plesk dan cPanel masih belum support untuk Centos 8. Karena OS ini masih experimental dan berpotensi menimbulkan banyak bugs. Jadi saya sarankan tunggu stable version dari Centos 8.

Baca juga : Apakah Bisa Install Plesk di Centos 8?

Bingung cari VPS murah yang ga bikin dompet jebol? Kalian bisa komentar di bawah dan sertakan email, nanti saya follow up buat bantu teman-teman.

Leave a Comment