Review SpyHunter 5: Kuat Lawan Lockbit Ransomware?

Melanjutkan artikel kemarin tentang varian ransomware baru, Lockbit kita akan review sedikit dengan salah satu software random yang katanya di Youtube bisa menghilangkan ransomware Lockbit secara otomatis. Jujur saja, sekarang sekalian coba dengan infected server Lockbit ya. Mari kita lihat.

Menurut sumber di Youtube pada salah satu channel yang mempublikasikan bahwa ransomware Lockbit bisa di sembuhkan secara automatic dengan SpyHunter 5, kita harus download dan install dulu komponennya.

Download langsung SpyHunter 5 di website official dan langsung install.

Dilihat dari segi harga, SpyHunter 5 cukup mahal sih. Karena lisensi per 6 bulan kita diharuskan untuk membayar 39.99 USD atau sekitar 596 ribu rupiah per 6 bulan.

Setelah instalasi selesai, aplikasi tersebut langsung muncul (tanpa harus kita klik dulu) dan akan menanyakan registrasi account baru. Dalam hal ini kita harus memasukkan email account yang nantinya mungkin dijadikan untuk sarana promosi atau update terbaru dari SpyHunter 5.

Buat yang mungkin belum baca artikel sebelumnya, saat ini kondisinya Windows Server 2012 R2 saya terkena ransomware lockbit varian baru yang membuat enkripsi file menjadi .lockbit dan di desktop terdapat embel-embel kalau kita sudah terkena ransomware dan tak bisa di close.

Jika sudah selesai, maka si aplikasi ini akan otomatis langsung scan semua keseluruhan partisi Windows C yang ada. Kurang lebih tampilannya seperti ini.

Scan drive C

Bisa dikatakan scannya lumayan lama, karena server yang saya test ini menggunakan SSD jadi agak cepet. Tapi… menurut saya scan lebih dari 3 menit termasuk lama sih. Ah baru notice, ini ternyata Full Scan!

Scan yang dilakukan oleh SpyHunter 5 tidak hanya flat file di drive C, namun juga semua registry key yang ada. Mudah-mudahan saja Lockbit Ransomware varian baru ini bisa terdeteksi dan di basmi secara keseluruhan.

Updat terbaru: Saya scan menggunakan SpyHunter 5 pada server Windows 2012 R2 yang terkena Lockbit Ransomware dengan disk space 100GB SSD sudah memakan waktu kira-kira 15 menitan.

Yang mengejutkan adalah walaupun Windows Server sudah terkena ransomware, namun masih bisa berjalan lancar. Jadi hanya file dokumen user saja yang terenkripsi.

Setelah menunggu 20 menitan

Akhirnya setelah menunggu 20 menitan sudah mendapatkan hasil. Tertangkap basah malware varian ABCD, tapi bukan extension lockbit. Kok bisa gitu yah? Memang sih mereka satu jenis varian yang sama, tapi yaudah kita tunggu aja terus.

Dari persentase 0% ke 99% dengan total 100 GB disk menggunakan SSD, sudah memakan waktu sekitar 50 menitan. Dan kini sudah di angka 99%. Apakah scan menggunakan SpyHunter 5 lama? Jawabannya tergantung hardisk yang kalian gunakan. Kebetulan saya menggunakan SSD, jadi terbilang cepat untuk file size 100 GB.

Scan Selesai

Berita gembira atau berita sedih? Scan sudah selesai dan hampir 1 jam watu yang dibutuhkan. Ketika selesai, klik tombol Next yang ada di bawah kanan dan… Anda dipaksa harus bayar dulu untuk remove malware ini.

Jadi apakah SpyHunter 5 ini bagus, sejauh ini iya untuk deteksi saja, tapi belum tahu apakah ampuh mendecrypt file .lockbit yang ada. Karena dia hanya mendeteksi 1 file EXE yang ada di Desktop saja.

Baca juga : Mending pakai Web Hosting atau VPS ya?

Leave a Comment