Indonesia: Selamat Hari Pahlawan Nasional!

Tanggal 10 November 2020 kemarin adalah hari penting bagi bangsa Indonesia, karena memperingati hari pahlawan nasional. Tanggal ini adalah untuk mengenang sejarah pahlawan yang melangsungkan pertempuran di Surabaya tanggal 10 November 1945. Perjuangan pahlawan hingga saat ini harus kita hargai dan meneruskan perjuangan tersebut.

Mungkin saya dulu adalah siswa kejuruan IPS dan mempelajari banyak sejarah. Kira-kira sudah lebih dari 14 tahun lalu saya mengingat membaca buku sejarah di pelajaran sekolah dan ternyata beberapa memori peristiwa tersebut masih menempel sedikit-sedikit.

Secara singkat, pada waktu itu pahlawan kita yang ada di Surabaya, Jawa Timur tengah berperang dengan prajurit Inggris dan Belanda. Bung Tomo adalah kunci dari kebangkitan perlawanan terhadap penjajah. Karena beliau menyerukan semangat kemerdekaan agar terlepas dari penjajah.

Hari Pahlawan di Tengah Pandemi

Saat ini bangsa kita tidak lagi berjuang menggunakan senjata perang atau benda kasar untuk menyerang penjajah. Namun di tengah pandemi corona seperti ini dimaknai dengan aturan hidup sehat dan selalu menjaga protokol kesehatan di luar rumah.

Ayo maknai hari pahlawan di tengah pandemi ini dengan berolahraga rutin, makan makanan yang sehat dan bergizi, pakai masker di luar, hindari kerumunan, dan lakukan belanja barang/jasa di UKM sekitarmu.

Dengan demikian, kamu sudah membuktikan untuk melanjutkan perjuangan pahlawan dengan cara yang kita bisa saat ini.

Leave a Comment