June 18, 2024

Media platform Youtube dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan yang luar biasa. Baik itu dalam hal konten dan kualitas dari video yang ada di Youtube itu sendiri. Kadang penasaran gak sih, kalau mau kepo, sekarang lagi trend apa di Youtube. Nah kita bahas sekarang yuk.

Sayangnya saya gak akan bahas trend youtube dalam skala tahunan. Saya akan bahas dalam 1 tahun terakhir saja ya. Kita ringkas saja.

Podcast

Trend Youtube yang pertama adalah podcast. Secara alami, podcast adalah obrolan 2 orang atau lebih, dimana ada host dan narasumber yang diajak bicara, dengan bahan pembicaraan tertentu. Durasi podcast bervariatif tergantung topik yang dibicarakan. Pada umumnya antara 15 menit ~ 60 menit.

Pada awalnya konten podcast sangat membosankan karena hanya mendengarkan 2 oarang saja ngomong dan kita sebagai pendengar ya dengerin aja hingga tertidur lelap.

Tapi podcast di Youtube kini mengalami perubahan cukup drastis. Yaitu adanya latar background yang menarik, topik pembicaraan yang gonta ganti (biar enggak bosan), dan dicampur dengan konten menarik lain (gibah). Sehingga kini orang berkurang terhadap kebosanan podcast.

Social Experiment

Konten Youtube yang kini banyak di gandrungi oleh anak millenial dan generasi Z adalah konten social experiment. Pada dasarnya konten ini mirip seperti bakti sosial, yaitu bagi-bagi rezeki kepada orang tertentu dengan syarat orang tersebut trigger action yang ditentukan dulu.

Bahkan dalam setahun terakhir beberapa artis sangat giat melakukan social experiment bahkan kediamannya hingga di teror oleh orang yang tidak dikenal. Maksudnya sangat bagus, namun terlalu terekspose menurut saya juga cukup berbahaya sih. Tapi semangat berbagi rezeki patut kita tiru.

Oke, mungkin 2 hal itu yang kini sedang cukup populer di Youtube. Jika ditanya memilih, saya maunya pilih 2 2 nya. Tapi sayang untuk konten social experiment terlalu banyak filler yang menurut saya tidak perlu. Tapi demi gimmick mau tidak mau ya harus.

Podcast yang saya ikuti biasanya tentang sosial, ekonomi dan pengetahuan politik. Pembicara yang saya ikuti biasanya dari kalangan professional dan sebagian public figure juga. Lumayan untuk mengisi waktu luang WFH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *