Gerakan Seribu Order

Buat teman-teman yang punya rejeki lebih, ini saatnya kita berbuat demi memutar ekonomi dan menghindari Indonesia dari jurang resesi. Masa pandemi covid19 ini membuat semua orang harus berpikir keras dan melakukan restart pekerjaan mereka. Bahkan sampai ada yang kena PHK juga.

Buat Ekonomi Berputar

Salah satu cara yang harus dilakukan agar Indonesia terhindar dari jurang resesi adalah membuat ekonomi berputar kembali seperti sedia kala. Rasanya memang tidak mungkin mengembalikan siklus ekonomi ke fase awal (on track) paling tidak, kita buat ekonomi berputar dengan cara kita sendiri.

Sebagai seorang individu yang berpenghasilan yaa bisa dibilang pas-pas-an namun bisa melakukan spending ke usaha UMKM, maka ada baiknya kita giatkan lagi untuk kegiatan spending lagi. Kali ini tidak hanya kamu saja, tapi tularkan ke teman kamu.

Percaya atau tidak, sebagian besar usaha perkenomian Indonesia lebih cenderung bergantung ke usaha UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Hal ini karena pivot yang ada pada UMKM tidak sama seperti perusahaan besar. Pivot (poros) dari kaki UMKM lebih luwes dan mudah untuk digerakkan ketimbang perusahaan besar. Jadi tidak heran kalau pandemi melanda, usaha yang pivotnya lebih besar biasanya cenderung lebih jatuh duluan.

Bukan berarti kalau tidak punya uang harus wajib lakukan spending ya, ingat, ini untuk yang punya rejeki berlebih saja ya.

Pakai Aplikasi Ojol

Untuk anak muda zaman sekarang, yang sangat mudah dilakukan adalah menggunakan aplikasi Ojol (Ojek Online). Jika dirasa kamu ngeri untuk melakukan order ojek, kamu bisa pakai alternatif lain yaitu melakukan pemesanan makanan / minuman lewat aplikasi tersebut.

Pihak pertama yang bakal diuntungkan yang pasti adalah driver Ojol itu sendiri. Karena jelas, makin banyak order yang ia terima, maka point atau keuntungan semakin banyak. Hal itu berarti kita membantu pemenuhan kebutuhan si driver itu sendiri. Tidak perlu muluk-muluk, jika punya rejeki berlebih gunakan layanan tersebut sehari sekali atau dua kali sehari saja.

Pihak kedua yang dituntungkan adalah usaha UMKM dimana makanan dan minuman yang kamu order tadi. Semakin banyak pembelian yang di proses maka omset dari UMKM akan semakin naik, hal ini berarti usaha tersebut bisa terus mempertahankan existensinya seperti membayar gaji karyawan, memberikan promo lebih, atau bahkan merekrut karyawan lagi.

Order 2x Seminggu

Masa pandemi ini saya melakukan order minimal 2x seminggu untuk minuman dan makanan ke usaha UMKM menggunakan aplikasi Ojol. Realisasi tersebut saya selalu tanamkan pada diri saya agar selalu ingat untuk membuat ekonomi berputar masa pandemi ini tidaklah mudah. Tidak semudah membalikan tangan.

Namun usaha sekecil apapun jika dilaksanakan secara konsisten dan dalam gerakan yang cenderung besar, harapan itu ada dan nyata. Hanya tinggal kesadaran kita saja untuk melakukan gerakan seribu order untuk mengembalikan roda ekonomi Indonesia.

Coba cek : Apakah driver Ojol sering pake masker yang dilarang?

Leave a Comment