June 18, 2024

Pada artikel ini adalah ulasan dari pribadi saya sendiri dan pengalaman selama 1 tahun lebih nge-host di Exabytes Indonesia. Seluruh tulisan yang ditulis ini adalah benar apa adanya tanpa gimmick atau black campaign yang terencana. Langkah ini adalah apresiasi saya untuk penyedia host, siapa tahu di kasih gratisan 🙂 Berikut adalah ulasan jujur langganan webhosting saya.

Ada beberapa aspek yang akan saya ulas di sini, pada dasarnya adalah poin penting saja. Karena jujur, saya keseringan menggunakan server luar negeri, jadi ulasan ini mungkin ulasan pertama yang menggunakan server di Indonesia.

Banyak Promo

Hal yang pertama mungkin adalah promo yang selalu ada terus menerus. Namun promo tersebut hanya berlaku untuk pembelian dalam tahunan saja. Minimal 1 tahun untuk kategori Webhosting.

Garansi 100 Hari

Di halaman yang saya baca, Exabytes Indonesia klaim memberikan 100 hari garansi gratis. Namun hingga saat ini belum pernah saya klaim garansi, karena menurut saya tiap pembelian yang saya lakukan sudah sesuai eskpektasi. Jika kalian mau klaim garansi langsung ajukan saja.

Metode Pembayaran Lengkap

Menurut saya metode pembayaran yang ditawarkan bisa dikatakan cukup lengkap daripada beberapa penyedia host lain. Biasanya kebanyakan penyedia akan menyediakan transfer, dan virtual account saja (setahu saya). Namun Exabytes Indonesia menyediakan pembayaran plus seperti GOPAY dan OVO sebagai metode utama pembayaran saya. So, that’s good!

Backup Gratis

Pada website dicantumkan bahwa terdapat backup gratis yang disediakan untuk pelanggan Webhosting seperti saya. Bisa dikatakan cukup bagus, tapi jujur sih, saya belum pernah menggunakan sekalipun.

Lagipula saya belum cek apakah memang gratis benar atau tidak, karena saya terbiasa melakukan backup sendiri ke third party service. Kalian mungkin bisa cek dengan request backup dan apa memang gratis atau tidak.

Livechat

Fitur livechat mungkin adalah salah satu yang saya sukai dari Exabytes Indonesia. Karena saya bisa cek semuanya langsung dari website saja dan langsung livechat ke agent yang lagi standby. Biasanya di rekomendasikan buat kalian yang lazy mode on.

Koneksi IIX & IX Oke

Buat saya pribadi kecepatan IIX (Indonesia) yang ditawarkan Exabytes Indonesia cukup cepat. Nampaknya penyedia tersebut tidak memberlakukan adanya restriksi koneksi berapa yang digunakan oleh pelanggan. Sepertinya konsep ini yang saya inginkan dengan freedom of speed.

Untuk kecepatan IX (Internasional) tidak bisa berkomentar banyak. Namun untuk sekedar web aplikasi sederhana seperti WordPress dan beberapa service mikro lainnya kecepatan IX yang ditawarkan tidak terlalu jelek, saya masih bisa mengatakan lumayan. Karena saat update aplikasi (yang menggunakan IX) masih terasa lumayan cepat.

Uptime

Untuk masalah uptime dari segi IIX (Indonesia) saya bisa katakan cukup bagus. Walaupun beberapa bulan lalu sempat ada masalah dengan uptime, namun sepertinya pihak Exabytes Indonesia sangat tanggap dan responsif saat masalah uptime. Saya termasuk salah satunya.

Kini uptime website saya berangsur-angsur membaik dan kini berjalan mendekati ke 100%. Memang bukan yang terbaik masalah uptime, tapi mereka cepat berbenah diri. So, menurut saya oke, dan bukan yang paling buruk juga.

Support

Untuk layanan support saya tidak terlalu sering menemui masalah tentang website. Tapi untuk hal simpel support mereka cukup baik dan lumayan fast respon. Kebanyakan masalah bisa saya atasi sendiri, kecuali yang menyangkut dengan hosting side atau back-end server.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya share buat kamu yang kepingin tahu saya host website dimana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *