Terusan Suez: Kapal Ever Given Sudah Bergerak Sedikit!

Ada berita gembira untuk orang-orang yang saat ini sedang menunggu antrean kapal di lajur paling ramai di dunia, yaitu Terusan Suez. Karena saat ini Kapal Ever Given sudah bergerak sedikit. Walaupun tidak banyak, tapi harapan tersebut ada untuk memindahkan kapal besar milik perusahaan Evergreen.

Kapal Ever Given Memblokade Terusan Suez

Sebelumnya, kapal besar milik perusahaan Evergreen, Ever Given memblokade Terusan Suez. Hal itu tanpa disengaja karena kapal ternyata tertiup hembusan angin dan menyebabkan serong miring dan akhirnya stuck begitu saja. Dampak dari blokade ini, ratusan kapal saat ini harus menunggu selama berhari-hari hingga mingguan hanya untuk memindahkan kapal yang membuat ratusan ribu ton kargo.

Mengapung Sedikit

Secara teori, memindahkan kapal yang tersangkut di dangkalan sangat mudah. Hanya perlu mengeruk beberapa tanah di bawahnya saja dan kapal tersebut akan mengapung. Kemudian kapal di tarik atau di dorong dengan kapal pembantu agar bisa kembali ke jalur yang benar.

Namun situasi blokade kali ini cukup unik, karena kapal Ever Given ini memuat ratusan ribu ton dan mengeruk tanah di sekitarnya bukanlah hal yang mudah begitu saja. Karena faktor fisik kapal yang sangat besar, lalu muatan yang sangat besar. Untuk mendorong atau menarik kapalnya saja bisa memakan waktu berjam-jam agar kapal bergerak sedikit.

Berita yang saya cek dari sumber youtube, kini kapal tersebut sudah mengapung sedikit. Harapan ada, tapi ya masih belum ada estimasi kapan Terusan Suez ini bisa lancar kembali.

Dampak Blokade

Adapun dampak dari blokade kapal Ever Given yaitu terhambatnya jalur perdagangan antara Asia dan Eropa. Karena tujuan dari adanya Terusan Suez ini adalah untuk mempersingkat waktu jalur perdagangan kapal dari Asia ke Eropa dan sebaliknya.

Baca juga : Hati-hati Ransomware Varian Baru, LockBit

Jika sampai minggu depan insiden blokade masih berlanjut, mungkin saja beberapa barang yang dari Eropa ke Indonesia, mungkin saja akan terlambat dan sulit untuk mendapatkan barang tersebut.

Leave a Comment