Datacenter OVH Kebakaran: Apa Server Kamu Kena?

Minggu lalu, ada berita yang cukup duka datang dari Eropa, tepatnya dari OVH datacenter yang ada di Strasbourg2 atau SBG2. Karena datanceter OVH kebakaran pada tanggal 10 Maret 2021 lalu. Setidaknya 1 onsite datacenter mengalami ludes terbakar oleh si jago merah.

Api Menghanguskan SBG2

Sebagaimana yang telah diberitakan oleh media-media eropa, salah satu datacenter OVH, yakni SBG2 (Strasbourg) sudah hangus dilalap api semalaman. Walaupun para pemadam kebakaran sudah berhasil mengendalikan api, namun sayang server tidak tertolong dan hangus semua dilalap api.

Tidak Ada Korban Jiwa

Yang perlu digaris bawahi adalah untungnya tidak ada korban jiwa akibat insiden ini. Masih belum diketahui penyebab api yang telah melahap salah satu datacenter OVH di Perancis, SBG2. Saat ini masih berkoordinasi dengan kepolisian setempat untuk investigasi.

Baca juga : Hati-hati Ransomware Varian Baru, LockBit

Service Recoverable

Seperti yang telah di umumkan pada halaman status service, beberapa server cloud hampir semua bisa di recover karena terbantu adanya disaster recovery backup yang sudah terpasang sebelumnya. Walau demikian, sebagian kecil service server memang tidak tertolong.

Gambar Onsite SBG2 Kebakaran

Berikut adalah cuplikan beberapa gambar datacenter OVH SBG2 yang terkena kebakaran.

Tidak Hanya SBG2

Ada beberapa hal yang harus diketahui, bahwa ternyata tidak hanya SBG2 saja yang terkena dampak api, namun beberapa sisi dari datacenter SBG1 juga terkena dampaknya. Hal ini karena datacenter SBG yang berlokasi di Strousbourg ada 3 gedung yang lokasinya berdekatan antara satu dengan yang lainnya.

Relokasi Service

Hingga artikel ini ditulis, saat ini pihak OVH masih bekerja keras untuk melakukan relokasi service dan menghidupkan Disaster Recovery ke pelanggan yang berlangganan managed service ke mereka.

Jadi, SBG2 akan dikosongkan untuk sementara karena harus di re-deploy, baik itu ruangan server, topologi network, kabel fibre optic, dsb. Beberapa server lainnya secara bertahap akan di deploy di SBG1 dan SBG3.

Baca juga : Pengalaman Dedicated Server Mati Total

Leave a Comment