September 29, 2022
nextcloud

nextcloud

Ini adalah lanjutan dari artikel selanjutnya dari Install Nextcloud di Linux Centos 7. Pada bagian ini akan dijelaskan lebih rinci lagi tentang konfigurasi user end dan biar langsung siap pakai.

Install Script Nextcloud

Pada postingan saya sebelumnya kita sudah berhasil install secara backend beberapa yang diperlukan oleh fitur Nextcloud. Sekarang kita akan langsung pasang front-end dari software ini. Pada opsi kali ini saya akan coba install menggunakan script php. Oh ya, kalau kamu ikutin artikel sebelumnya, saya ada yang lupa, yaitu restart Apache dan enable.

systemctl enable --now httpd

Script ini bisa kita peroleh dari vendor pusatnya, yaitu link ini. Di sini saya akan coba install menggunakan opsi Web Installer dengan download setup-nextcloud.php ke folder server saya.

cd /var/www/html
wget https://download.nextcloud.com/server/installer/setup-nextcloud.php

Kemudian arahkan ke browser anda, dengan alamat IP lalu diikuti script tersebut. Sebagai contoh http://alamat-ip/setup-nextcloud.php

Pertama setup Nextcloud, pastikan kamu mengisi database user dan password yang dibutuhkan ketika server meminta beberapa detail data yang harus kamu isi. Kamu bisa merujuk ke dokumentasi Installation Wizard yang ada juga.

Jika sudah Finish setup, pastikan user dan password admin kamu tidak lupa. Selesai deh, Nextcloud kamu sudah siap untuk digunakan.

Sebelum kamu gunakan, perlu diketahui bahwa default upload Nextcloud kamu saat ini hanya 2MB saja, jadi harus di tweak di konfigurasi php server anda. Bingung? Komen di bawah dan sertakan email agar kita bisa bantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.