Catat! Jangan Sakit Corona Dulu ya Minggu ini!

Sudah hampir 1 minggu terakhir virus Corona varian baru sudah berkembang cukup massif di Jakarta dan sekitarnya. Hal ini tentu harus membuat kita lebih waspada lagi dalam berinteraksi sosial. Per hari ini tanggal 4 Juli 2021 sudah ada rekor 2 juta lebih untuk orang yang terpapar Covid dan 60 ribu lebih untuk orang yang meninggal karena Covid. Makanya, jangan sakit Corona dulu!

Artinya apa, berarti semenjak lonjakan pertama sejak tahun 2020 kemarin, yang sekarang tahun 2021 fatality rate nya meningkat sangat tajam. Ini berarti bisa disimpulkan, virus varian yang ada hingga saat ini lebih menular atau lebih ganas dalam hal penularan, atau memang masyarakat kini cenderung abai dalam menjalankan prokes dalam sehari-hari.

Rumah Sakit Penuh

Sudah tidak asing lagi kalau rumah sakit yang ada di kota besar, khususnya di Jakarta dan sekitarnya mengalami masalah utama yakni fasilitas kesehatan yang kian menipis. Dengan demikian kita harus mengambil sikap semakin waspada, khususnya kota besar dengan kepadatan yang cukup tinggi.

Baca juga : testimoni-bagaimana-rasanya-kena-covid19.html

Saya pernah menghubungi teman nakes yang dulu pernah merawat saya ketika kena virus Corona, ia mengatakan lonjakan beberapa minggu terakhir bisa dikatakan membuat ia dan rekan shift lainnya kewalahan melayani pasien.

Bagaimana tidak? Ia mengatakan sebelum mengakhiri shiftnya bekerja saja, di ruang ICU sudah lama tidak tersedia lagi, kalau pun ada mungkin hanya hitungan jari. Kemudian IGD yang tadinya bisa melayani pasian non covid kini mau tidak mau 100% harus melayani pasien gejala covid. Bahkan sudah didirikan tenda di luar gedung untuk pasien yang menunggu di luar dan sifatnya medium hingga kritis.

Tidak Terlayani

Melihat gejala yang kita sudah saksikan di atas, seandainya kalian rentang usian 25-30 tahunan dan terkena gejala covid sedang-berat, sudah bisa dipastikan tidak dapat terlayani segera. Artinya, mungkin kamu harus menunggu beberapa jam bahkan hitungan hari agar bisa masuk ke dalam dan ditangani secara intensif. Hal ini tidak lain karena terbatasnya fasilitas Rumah Sakit karena lonjakan positif sangat tinggi sekali.

Fakta Tentang Covid

Sekedar mengingatkan kembali, untuk wabah Covid ini sebenarnya bisa disembuhkan jika ditangani dengan benar. Artinya tidak telat diagnosis gejala dan jangan telat melapor ke puskesmas / rumah sakit sebelum gejala tersebut menjadi sangat akut.

Namun faktanya, banyak sekali orang yang sudah meninggal dengan angka kematian menembus 500 orang per harinya, dikarenakan karena tidak tertangani. Ada yang sebagian adanya penyakit bawaan (komorbid), ada faktor usia, namun sebagian besar karena tidak tertangani.

Jangan Sakit Corona Dulu

Oleh karena itu saya memberikan pesan untuk teman-teman yang membaca artikel ini untuk benar-benar mematuhi prokes yang sudah dianjurkan oleh pemerintah. Sekarang membahasnya bukan Corona itu nyata atau bukan, namun pembahasannya adalah bagaimana kita sebagai bagian dari masyarakat bersama-sama mencoba menghentikan atau memperlambat laju penyebaran Covid ini.

Baca juga : Tips Menghemat Masker Bedah, Cegah Covid

Akhi kata, pemerintah pun juga berharap kita bisa menekan laju Covid ini dan minimal di bawah 10 ribu orang perhati. Perlu adanya kesadaran yang tinggi dari masyarakat, paling tidak kamu yang membaca artikel ini, agar jangan sakit corona dulu.

Leave a Comment